Rabu, 09 Januari 2013

ANGGUR DAN MANFAATNYA



Anggur (Latin: Vitis vinifera atau Vitis labrusca) adalah buah-buahan yang termasuk jenis tanaman perdu. Tanaman ini berasal dari belahan bumi Eropa dan Asia Tengah. Buah ini termasuk dalam keluarga Vitaceae. Buah anggur bisa digunakan untuk minuman seperti jus, syrup. Selain itu bisa juga diolah menjadi jelly kismis, ataupun bisa juga dimakan secara langsung.

Kegunaan yang disebutkan diatas mungkin semua orang sudah tahu. Tapi dibalik itu semua buah anggur memiliki banyak manfaat. Manfaat buah anggur ini belum banyak yang tahu.

Kandungan-kandungan senyawa dalam buah anggur ini banyak sekali. Ada senyawa polifenol dan resveratol yang berguna dalam sistem metabolisme tubuh manusia. Selain itu kedua senyawa tersebut juga membantu untuk pencegahan pembentukan sel kanker dan penyakit-penyakit lainnya. 

Anggur juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari senyawa yang bernama flavonoid (antioksidan yang kuat).

Buah anggur juga mengandung Vitamin A, B6, C, dan K. Selain Vitamin ada juga sumber-sumber mineral sepertipotassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium.

Manfaat buah anggur memang banyak, seperti yang disebutkan diatas masih ada juga yang terdapat dalam buah anggur seperti protein, karbohidrat, natrium, fosfor, riboflavin, thiamin, asam folat dan asam amino. Ada juga yang bernama asam caffeic, asam tersebutlah yang membantu untuk melawan kanker ganas seperti yang sudah disebutkan.

Berikut ini adalah manfaat buah anggur bagi kesehatan.
Asma
Assimilatory adalah salah satu kekuatan yang dimiliki buah anggur untuk membantu peningkatan kadar air di dalam paru-paru kita. Peningkatan kadar air tersebutlah yang bisa membantu bagi para penderita asma karena dapat mengurangi sesak nafas.

Anti Bakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

Kanker payudara
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Penyakit jantung
Manfaat buah anggur berguna untuk Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

Migrain
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

Gangguan ginjal
Anggur secara substansial dapat mengurangi gejala asam urat dan mengurangi tekanan kerja ginjal.

Degenerasi makula
Anggur dapat mencegah hilangnya penglihatan terkait usia atau degenerasi makula.

Mencegah katarak
Anggur mengandung flavonoid yang kaya antioksidan, yang dapat mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak.


Itulah buah anggur, yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Banyak orang yang sudah tahu buah anggur tidak hanya di Indonesia, namun masyarakat dunia juga tahu buah anggur, tetapi hanya sedikit yang tahu manfaat dan kegunaan lain dari buah anggur tersebut.

ads

Ditulis Oleh : Admin Blog Hari: 22.55 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Blog Archive